Saturday, October 8, 2011

Definisi Gerak

gerak lurus
Suatu benda dikatakan bergerak jika benda tersebut berubah kedudukannya atau posisinya setiap saat terhadap titik acuannya.  Sebuah benda dikatakan bergerak lurus bila kedudukan benda berubah terhadap acunnya berupa garis lurus.
Kinematika: adalah ilmu yang mempelajari gerak tranpa memperhitungkan penyebabnya. Dinamika adalah ilmu yang mempelajari ilmu gerak dengan memperlihatkan penyebab gerak.

Apa beda Jarak dengan perpindahan?


Jarak adalah merupakan panjang lintasan yang ditempuh oleh sebuah benda yang bergerak, sedangkan perpindahan adalah perubahan posisi benda dari posisi awal(titik acuan) Jarak tempuh tidak memilki arah karena jarak tempuh merupakan besaran vektor. Sedangkan Perpindahan memiliki arah positi(+) atau negati(-) jadi perpindahan merupakan besaran vektor. Sebagai contoh dalam gambar berikut



  • bila berjalan dari A ke B ke C ke D maka jarak tempuh adalah 40 m + 30 m + 40 m = 110 m, dan perpintahan adalah garis AD yaitu 30 meter.
  • bila berjalan dari A ke B ke C ke D ke A maka jarak tempuh sama dengan keliling persegi yaitu 40 m + 30 m + 40 m + 30 m = 140 meter, dan perpindahan adalah nol. Mengapa nol?
Sebagai contoh lain misalnya kamu berangkat dari rumah ke sekolah maka jarak tempuh adalah panjang lintasan kamu mulai keluar rumah sampai jalan menuju gerbang sekolah. Tapi perpindahan adalah panjang garis lurus dari rumah kamu langsung kesekolahmu.

Gerak lurus beraturan (glb) adalah gerak lurus dengan kecepatan tetap atau tidak memiliki percepatan. Sedangkan gerak lurus berubah beraturan (glbb)adalah gerak lurus yang memiliki percepatan tetap.
Kecepatan rata-rata adalah perpindahan dibagi dengan selang waktu sedangkan kecepatan sesaat adalah perpindahan dibagi selang waktu dengan selang waktu yang sangat singkat. Kecepatan sesaat disebut juga kecepatan Percepatan rata-rata adalah selisih kecepatan dibagi dengan selang waktu sedangkan percepatan sesaat adalah selisih kecepatan dibagi selang waktu dengan selang waktu yang sangat singkat. Percepatan disebut juga dengan percepatan.

Laju dan kecepatan
Laju adalah jarak yang ditempuh benda tiap satuan waktu sedangkan kecepatan adalah perpindahan benda tiap satuan waktu. Laju termasuk besaran skalar nilainya selalu positif alat ukurnya dinamakan speedometer(speed=laju). sedangkan perpindahan adalah besaran vektor jadi bisa brrnilai positif atau negatif tergantung kepada arah perpindahan. Laju dan kecepatan memiliki satuan yang sama yaitu mil/jam atau km/jam dalam satuan SI(sistem internasional) satunnya meter/sekon (m/s).

Demikina postingan ini hanya sebagia tambahan kamu belajar fisika selain disekolah bisa secara online, semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Once the campaign comes to a successful close, it will have been seen in over 39 countries across the Americas, Europe and Asia. The brand has gone digital as well so you are sure to see the Fall 2014 Campaign in digital outlets, social media platforms and even the more traditional media michael kors travel tote placement.The fashion fever will catch on quickly as we are whisked away on a Michael Kors jet set vacation, so pack your bags and get ready to travel beyond the frontiers of fashion.Sometimes trends are really hard to spot michael kors discounts until it becomes an overwhelming phenomenon that everyone from celebrities to random people walking down the street begin to engage in.What completely starts out as an innocent style experiment with one, two or more people ends up invading the discount michael kors backpacks pages of ELLE and W magazine within months, garnering mass attention and purveying influence.

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus