Thursday, June 7, 2012

Rumus Cermin Cekung dan Cembung


Menentukan letak  bayangan pada cermin cekung serta bayangan cermin cembung selalin bisa ditentukan dengan cara melukiskan bisa juga dengan perhitungan menggunakan  persamaan matematika atau rumus. Jadi post kali ini dengan judul rumus cermin cekung dan cembung untuk melengkapi posting mengenai pemantulan cahaya pada cermin cekung

Sifat-sifat bayangan bisa ditentukan dari hasil melukiskan jalannya sinar sudah dibahas pada post sebelumnya yaitu untuk cermin cekung melukis bayangan pada cermin cekung  sedangkan untuk cermin cembung pada post pemantulan sinar pada cermin cembung. Sifat bayangan yang terdiri dari diperbesar, diperkecil, nyata, maya, tegak serta terbalik bisa dilihat dari hasil lukisan tersebut maka kali ini bisa juga dengan menggunakan rumus sebagai berikut.
Rumus perbesaran

Rumus jarak bayangan

Jarak fokus 

Keterangan 

P = perbesaran bayangan,
h = tinggi benda,
h’ = tinggi bayangan
s = jarak benda
s’= jarak bayangan
f = jarak fokus
R = jari-jari kelengkungan cermin

Perjanjian tanda

S bertanda  positif (+)  jika benda terletak di depan cermin(benda nyata)
S bertanda negatif (-)  jika benda terletak di belakang cermin (benda maya)
S’ bertanda positif  (+)  jika bayangan terletak di depan cermin(bayangan nyata)
S’ bertanda negatif (-) jika bayangan terletak di belakang cermin (bayangan maya)
f dan R bertanda  positif (+ ) jika pusat lengkung cermin terletak di depan cermin (cermin cekung)
f dan R bertanda  negatif (– ) ika pusat lengkung cermin terletak di belakang cermin (cermin cembung)
P selalu bertanda positif
P<1 bayangan diperkecil
P=1 bayangan sama besar
P>1 bayangan diperbesar

Contoh soal:

Jarak fokus sebuah cermin cekung adalah 10 cm. Tentukan letak bayangan, perbesaran dan sifat bayangan.  Untuk jarak benda (a) 20 cm, (b) 8 cm
Penyelesaian

Diketahui f=10 cm,

(a). s = 20 cm




S’= 20 cm

Perbesaran  


Jarak bayangan 20 cm, perbesaran 1 kali atau bayangan sama besar dengan benda,  bayangan nyata

(b) s = 8 cm


  Perbesarannya



Jarak bayangan 40 cm di belakang cermin , perbesaran 5 kali atau bayangan  diperbesar, maya

Contoh soal di atas adalah pemakaian untuk pemantulan pada cermin cekung sedangkan untuk pemantulan pada cermin cembung  f (fokus) bertanda negatif

43 comments:

  1. makasih ya infonya, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama
      terima kasih sudah mampir

      Delete
  2. saya bencii rumus ini paak,karena sering kebalik balik.. walopun kata tmen2 saya ini soalnya mudah2. untung saja snmptn kmaren ga keluaar.. hhahahaa

    ReplyDelete
  3. Oh jadi begitu ya rumusnya, akan segera saya pelajari mudah-mudahan bisa ya..

    ReplyDelete
  4. Lupa lupa ingat rumus cermin cekung dan cembung, maklum lulus SMA tahun 2003

    ReplyDelete
  5. terimakasih pa sangat bermamfaat ...

    ReplyDelete
  6. saya dulu anak IPS, tidak paham soal ipa ini

    ReplyDelete
  7. pak tolong soalnya kalo yang ditanya itu jarak dan diketahui perbesaran bayangan, fokus, dan sifatnya aja..

    ReplyDelete
  8. gimana ya , caranya biar aku bisa menyukai fisikaaa

    ReplyDelete
  9. saya suka bingung gan kalo belajar tentang rumus-rumus , gimana yah caranya agar pintar mengahapal rumus ? hehe

    ReplyDelete
  10. HAHAHAH saya suka rumus ini !!!

    ReplyDelete
  11. terimakasih pak, infonya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  12. gan kalo rumus s' buat cermin cembung gimana?

    ReplyDelete
  13. mngingat sya wktu SMA.....fisika cria,,,lw dlu mah

    ReplyDelete
  14. saya sendiri juga sempet lupa sama rumus ini

    ReplyDelete
  15. kalo yg dicari tinggi bayangannya, rumusnya gmna pak?

    ReplyDelete
  16. gan kalo rumus s' buat cermin cembung gimana?

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Maksih yg nge share rumus cermin, sngt membntu, mga dpt pahala dr thanyg Esa, amien :)

    ReplyDelete
  19. Dengan informasi ini saya dapat pengetahuan.

    ReplyDelete
  20. Maksih yg nge share rumus cermin, sngt membntu, mga dpt pahala dr thanyg Esa, amien :)

    ReplyDelete
  21. ane masih inget mih gan, ini pelajaran SMP ane tapi sayang ane udah lupa :(

    ReplyDelete
  22. mas cara nyari tingginya gmn yah ?

    ReplyDelete
  23. What makes FitFlop footwear so unique is that they have the gym built-in given that they are biomechanically engineered to help tone and tighten your leg muscles — and what’s more, they are easy on your body helping to absorb shock and reduce joint strain.FitFlops feature an exclusive Microwobbleboard fitflops sale midsole technology that boasts the following benefits:? Increases muscle activity targeting your gluteal, hamstring and calf muscles? Works out your hamstrings? Absorbs shock, reducing knee, ankle & joint stress? Improves and tones your lower legs and thighs? Improves your posture and reduces back stress & foot pressure One stellar style that’s sure where can i buy fitflops to be a spring must-have and a staple in your wardrobe is the “Walkstar 3” sandal. Aside from its unique microwobbleboard technology, the "Walkstar 3" features dynamic topstitching on a sporty, microfiber-lined leather upper. This sleek, stylish and ultra-comfortable sandal retails for $59.99 and comes in a variety of colors and materials fitflops clogs (10 colors to choose from), with 2 new colors emerging this season — tan and fuchsia patent.
    Depaola, known on the Bravo reality show as “Kim D,” is hosting Giudice’s book signing at her New Jersey clothing store called Posche Boutique on Aug. 14 from 6:30 to 8:30 pm.BWN notes Giudice’s book fitflop positano was actually released several months ago in May.Megan Huntsman, the Utah mother who was arrested after seven bodies of newborn babies were found stuffed into cardboard boxes inside a garage, has confessed to killing all but one of those babies. Seven dead babies were discovered in the garage of her family home, fitflop usa a home she lived in up until a few years ago. Huntsman gave birth to those babies over a 10 year period from 1996 and 2006, according to Fox News on April 14.She told police that she gave birth to the babies and she strangled or suffocated all but one of the fitflop reviews newborns immediately after they were born. The seven babies were put into cardboard boxes after either being wrapped in a towel or shirt and then put in a plastic bag. It was Huntsman’s ex-husband who was cleaning the garage when he opened a cardboard box and the stench was horrendous. Upon carefully fitflop shoes looking through the contents he discovered a baby’s body.
    No wedding date has yet been announced for Wagner and Locklear.The Bold and the Beautiful airs at 12:30 p.m. weekdays on Riverside affiliate CBS channel 2.Lord & Taylor is hosting their Friends

    ReplyDelete
  24. gan izin print ya buat belajar biar gampang g buka2 leptop terus ^_^

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus