Sunday, August 23, 2015

Gerak Harmonis Sederhana



Gerak harmonik sederhana disebut juga getaran harmonis sederhana didefinisikan sebagai gerak bolak -balik secara periodik melewati titik keseimbangan yang dipengaruhi oleh gaya pemulih. Contoh gerak harmonik adalah , gerak ayunan bandul, gerak melingkar, ayunan pegas , gelombang.

 Satu getaran adalah gerak dari  A-ke B-ke C-ke B- ke A atau dari C-ke B-ke A- ke B ke C atau gerak dari B ke A ke B ke C ke B. Kalau gerak dari B ke A ke B menurut mu berapa gerakan?


Waktu untuk melakukan satu getaran dinamakan dengan period (T) dengan satuan sekon atau detik sedangkan jumlah getaran tiap satuan waktu dinamakan dengan frekuensi dengan satuan getaran/detik atau Hertz(Hz)



Simpangan gerak harmonik
Gerak melingkar adalah termasuk salah satu gerak harmonis sederhana dapat dilihat dengan jalas pada gambar 2 dibawah ini melalui proyeksi titik P. Titik O merupakan titik seimbang dimana OP =A adalah jari jari lingkaran yang pada gerak harmonis adalah simpangan maksimum atau amplitudo. 

 



Frekuensi dan Periode Gerak Harmonik untuk bandul sederhana





Frekuensi ayunan pegas

 
bersambung
Demikian posting kali ini bila adik adik ada pertanyaan atau yang lainnya silahkan tulis di kolom komentar

5 comments:

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus