Tuesday, March 27, 2012

Pemantulan Cahaya pada Cermin Cekung


Dalam mempelajari gejala pemantulan cahaya pada cermin cekung kamu harus mengetahui jalan sinar atau gelombang cahaya pada cermin cekung hal ini sangat diperlukan agar lebih mudah untuk memahami pembentukan serta sifat-sifat bayangan yang terjadi akibat pemantulan cahaya pada cermin cekung.
Cermin cekung sebagai salah satu bentuk cermin dari tiga macam cermin yang kita kenal yaitu datar dan cembung memiliki permukaan lengkung ke luar atau jari-jarinya di depan cermin. 

Cermin cekung memiliki sifat convergen atau mengumpulkan sinar yaitu bila ada sinar datang yang sejajar sumbu utama maka sinar tersebut akan dipantulkan dengan sinar pantul menuju ke titik fokus seperti yang sudah dibahas pada sifat-sifat cermin terhadap gelombang cahaya. Titik fokus pada cermin cekung besarnya setengah kali dari jari jari kelengkungan cermin, karena cermin cekung adalah sebagai busur atau juring dari bangun bola.

Ada tiga sinar istimewa pada cermin cekung
1. Sinar datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan melalui titik fokus

sinar datang sejajar sumbu utama

 2. Sinar datang melalui titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama

sinar datang melalui titik fokus

3. Sinar datang melalui pusat kelengkungan dipantulkan melalui titik yang sama
sinar datang melalui pusat kelengkungan

Demikian pembahasan sinar istimewa pada cermin cekung yang memiliki sifat mengumpulkan sinar. Sinar sebagai sifat gelombang  seperti yang sudah dibahas pada pembahasan gejala-gejala gelombang. Untuk contoh lukisan pembentukan bayangan akan di bahas pada posting melukis bayangan pada cermin cekung.

3 comments:

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus