Saturday, October 8, 2011

Gejala-gejala Gelombang

gelombang trasversal(utuchaling.blogspot.com)
Gelombang adalah getaran yang merambat secara periodik. Dalam merambat gelombang ada yang memerlukan medium dan ada yang tidak memerlukan medium. Gelombang yang merambat memerlukan medium dinamakan gelombang mekanik contoh misalnya gelombang laut memerlukan medium yaitu air, gelombang bunyi mediumnya adalah udara dan yang tidak memerlukan medium dalam perambatan dinamakan gelombang elektromagnetik 
contoh misalnya gelombang radio.

Berdasarkan arah perambatannya gelombang dikelompokkan menjadi gelombang transversal dan gelombnag longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus terhadap arah getar contoh misalnya gelombang pada tali yang digetarkan. Gelombang Longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya searah dengan arah getar contoh perambatan gelombang pada slinky.

Gejala-gejala yang dimiliki gelombang
  • pemantulan, gelombang bisa dipantulkan (refleksi) contoh gelombang bunyi bisa memantul di dinding ngarai yang disebut dengan gema. atau gelombang laut bisa dipantulkan dinding pantai.
  • pembiasan ,pembiasan adalah pembelokan arah gelombang karena melewatai bidang batas dua medium yang berbeda
  • interferensi. adalah perpaduan dua buah gelombang sehingga menghasilkan pola gelombang baru
  • difraksi adalah pelenturan gelombang, gelombang lentur bisa masuk kedalam celah sempit sehingga keluar dan melebar kembali.
  • polarisasi adalah pengkutuban cahaya, ini hanya terjadi pada gelombang transversal.
Interferensi konstruktif  terjadi ketika dua buah gelombang  yang berinterferensi  merambat pada arah yang sama, dimana puncak gelombang pertama bertemu puncak gelombang kedua dan akan menghasilkan sebuah puncaka gelombang yang lebih tinggi. Begitu pula lembah gelombang pertama bertemu lembah gelombang kedua sehingga menghasilkan lembah gelombang yang lebih dalam. Sehingga interferensi ini dinamakan dengan interferensi saling memperkuat.

Interferensi destruktif  terjadi ketika dua buah gelombang  yang  berinterferensi merambat dengan arah yang berlawanan, puncak gelombang pertama bertemu dengan lembah gelombang kedua sehingga keduanya saling meniadakan atau saling  melemahkan satu sama lain.

Sebagai contoh difraksi gelombang air bisa masuk melewati rintangan berupa celah yang sempit, maka ketika melewati celah tersebut gelombang air akan kembali melebar
difraksi  gelombang air(tinkartina.wordpres.com)
Peristiwa difraksi terjadi juga pada cahaya karena cahaya merupakan gelombang,  Ketika cahaya melewati sebuah penghalang  dalam lintasannya  maka penghalang akan menghambat cahaya  serta  mengakibatkan pembentukan sebuah bayangan di daerah belakang penghalang . Bila pada penghalang dibuat lubang (celah sempit) maka cahaya akan memasuki lubang dan setelah keluar lubang cahaya akan melebar kembali. bila di belakang celah ditempatkan sebuah layar maka akan terbentuk pola gelap dan terang yang berurutan.

Gelombang bisa memindahkan atau transfer energi seperti yang dilakukan oleh gelombang laut. energi pada gelombang laut bisa dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk olah raga selancar.

0 komentar:

Post a Comment

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus