Wednesday, October 12, 2011

Gerak Vertikal



gerak vertikal keatas
Gerak vertikal adalah salah satu gerak lurus berubah beraturan (glbb) dengan percepatan sama dengan percepatan grafitasi (a = g). Sebagai contoh misal sebuah bola yang dilempar akan kembali jatuh ke bawah. Gerak vertikal ada tiga macam yaitu, gerak vertikal keatas, gerak vertikal ke bawah dan gerak jatuh bebas.

Gerak Vertikal keatas
Gerak vertikal  keatas adalah gerak lurus berubah beraturan dengan percepatan(a) sama dengan –g. Kenapa harus tanda negatif?Karena arah percepatan grafitasi untuk positif adalah kebawah.  Dalam gerak vertikal keatas  semakin lama kecepatannya makin berkurang dan akhirnya pada titik tertinggi sama dengan nol. Ketika benda kembali turun maka kecepatannya makin lama-makin besar. Ketika benda yang dilempar keatas pada saat arahnya menuju keatas bisa dikatakan benda diperlambat (percepatan negatif). Dan pada saat turun kembali dikatakan benda dipercepat atau percepatan positif yaitu sama dengan percepatan grafitasi kurang lebih mendekati 9,8 ms-2 atau dalam soal untuk mempermudah perhitungan sering dibulatkan keatas menjadi 10 ms-2.


Persamaan untuk gerak vertikal keatas adalah
Vyt = V0y - gt
yt =  V0y.t - ½.g.t2
Vyt2 = V0y2 - 2.g.ΔS
Dengan
V0y = kecepatan mula-mula(m/s)
Vyt = kecepatan pada saat t(m/s)
g=percepatan grafitasi(ms-2)
t=waktu(s)
yt=posisi pada saat t(m)

Gerak Vertikal Kebawah
Bila sebuah benda dijatuhkan dari suatu tempat yang tingginya h atau y dengan kecepatan awal tidak sama dengan nol maka pada gerak vertikal kebawah  berlaku pesamaan gerak lurus berubah beraturan (glbb) dengan percepatan sama dengan percepatan (+g)

Persamaan untuk gerak vertikal kebawah adalah
Vyt = V0y + gt
yt =  V0y.t + ½.g.t2
Vyt2 = V0y2 +2.g.ΔS
Dengan
V0y= kecepatan mula-mula(m/s)
Vyt= kecepatan pada saat t(m/s)
g=percepatan grafitasi(ms-2)
t=waktu(s)
yt=posisi pada saat t diukur dari tempat benda dijatuhkan(m)

Gerak jatuh bebas
Gerak jatuh bebas adalah gerak vertikal kebawah dengan kecepatan awal ( V0)= 0,  contoh misalnya apel yang jatuh dari pohon, ketika apel jatuh tidak memiliki kecepatan awal . Makin lama apel akan bergerak makin cepat sampai berhenti membentur tanah.

Persamaan untuk gerak vertikal kebawah adalah
Vyt =  gt
yt= ½.g.t2
Vyt2 = 2.g.ΔS

Dari persamaan diatas maka kita bisa menghitung besar kecepatan benda yang jatuh bebas dari ketinggian tertentu (h) adalah
  
Dengan g = percepatan grafitasi bumi

Dari persamaan diatas maka terlihat bahwa kecepatan benda yang bergerak jatuh bebas tidak bergantung kepada masa benda denga syarat gesekan dengan udara diabaikan

0 komentar:

Post a Comment

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus