Monday, October 10, 2011

Gerak lurus berubah beraturan (glbb)

grafik (v-t) glbb
Gerak lurus berubah beraturan (gllb) adalah gerak lurus dengan kecepatan berubah, dimana  perubahan kecepatannya sama dalam selang waktu yang sama atau dikatakan memiliki percepatan tetap. Pecepatan  asal kata acceleration sehingga sering disingkat (a)  yaitu perubahan kecepatan dibagi dengan selang waktu atau ditulis dengan persamaan matematika:



Grafik dari sebuah benda atau partikel yang bergerak lurus beraturan  antara kecepatan (v) terhadap waktu(t) dapat digambarkan sebagai  garis lurus yang disajikan di awal postingan

 

Grafik 1.a diatas adalah grafik glbb dengan kecepatan awal nol dan garfik 1.b adalah grafik glbb dengan kecepatan awal  V0.

Garfik untuk posisi atau jarak tempuh (s) terhadap waktu (t) dinyatakan  sebagai berikut


 

Grafik 2.a adalah grafik (S) terhadap t untuk posisi dari titik asal  dan grafik 2.b grafik s terhadap t dengan posisi S0 .

Persamaan untuk gerak lurus berubah beraturan (rumus glbb) adalah
Vt = V0 + at
S t= S0 + V0.t + ½.a.t2
Vt2 = V02 + 2.a.ΔS
Dengan
V= kecepatan mula-mula
V= kecepatan pada saat t
a   = percepatan
t    = waktu
S= posisi  mula-mula
S= posisi pada saat t

Menentukan jarak tempuh Dari grafik kecepatan (V) terhadap  waktu(t) gerak lurus berubah beraturan bisa juga dengan mencari luas daerah di bawah kurva.

1 comment:

  1. Mengapa grafik posisi terhadap waktu berbentuk seperti itu? Bisa minta penjelasan lebih lanjut? Terima kasih

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus