Sunday, October 9, 2011

Gerak Lurus Beraturan (glb)

gerak 
Gerak lurus beraturan adalah gerak pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap, dalam waktu yang sama maka gerak ini akan menempuh panjang lintasan yang sama. Dalam mempelajari gerak ini di kelas sering disingkat dengan glb. Benda yang bergerak lurus beraturan (glb) tidak memiliki percepatan atau dikatakan percepatan (a) = nol

Persamaan gerak lurus beraturan adalah S = v. t   dimana s = perpindahan (meter), v = kecepatan (m/s) dan t = waktu (s). Persamaan ini sering disebut juga persamaan gerak lurus beraturan (glb)





Konsep gerak lurus beraturan ini adalah konsep ideal karena pada kenyataannya atau di alam nyata tidak ada benda yang bergerak dengan kecepatan tetap seperti konsep glb, tapi konsep gerak ini sangat membantu untuk mempelajari ilmu gerak selanjutnya.

Grafik berikut menunjukkan jarak (s) terhadap waktu(t) yang merupakan garis lurus



kemiringan garis  memperlihatkan besar kecepatan, semakin miring atau semakin curam maka kecepatan glb semakin besar.

Grafik yang kedua adalah menunjukkan kecepatan (v) terhadap waktu (t)

Untuk menghitung jarak tempuh dari grafik gerak lurus beraturan (glb) di atas yaitu dengan mencari luas daerah yang diarsir adalah panjang X lebar dari persegi. Dengan begitu mudah kan bila kamu mengerjakan  soal fisika tentang gerak lurus beraturan (glb) berupa grafik.
Soal-soal Latihan  gerak lurus beraturan silahkan  di download gratis

0 komentar:

Post a Comment

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus