Friday, October 7, 2011

Besaran pokok dan besaran turunan

jangka sorong (wikipedia.org)
Besaran adalah suatu hal yang memiliki kuantitas dan satuan, besaran yang kuantitasnnya dapat diukur baik secara langsung atau secara tidak langsung dinamakan dengan besaran fisis. Besaran yang dikatagorikan non fisis  yaitu besaran yang kuantitasnya tidak bisa diukur misalnya harum, bau, cinta dan rasa. Mungkin kah besaran non fisis ini suatu saat bisa menjadi besaran fisis?


Dalam sistem internasional dikenal ada dua besaran yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok adalah besaran  yang satuannya ditetapkan atau besaran yang satuannya didefinisikan sendiri berdasarkan hasil konferensi internasional mengenai berat dan ukuran. Berdasararkan konferensi Internasional mengenai berat dan ukuran ke 14 tahun 1971, besaran pokok ada tujuh, yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, temperatur, jumlah zat dan intensitas cahaya.

Tabel Besaran pokok dan satuannya dalam SI

Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan atau diperoleh dari besaran-besaran pokok. satuan besaran turunan diperoleh dari besaran besaran pokok yang menurunkannya.

contoh besaran turunan

Disamping diperoleh dari penjabaran satuan besaran pokok yang terkait satuan besaran turunan sering juga diambill dari nama orang yang berjasa di bidang tersebut. Sebagai contoh satuan gaya(F) adalah Newton serta satuan usaha adalah Joule

7 comments:

  1. bsaran pkok mmang hnya ad 7 y?
    trus sy kok bca dbku ada 2 lg yg tk berdmensi yaitu sdut dtar dan sdut ruang, itu sbenernya gmana.....?

    ReplyDelete
  2. besaran yang tidak berdimensi bukan besaran pokok

    ReplyDelete
  3. kurang lengkap nih gan talong tambahkan lagi, kata guru saya besaran turunan itu tak hingga , mohon beri tau yang sering digunakan saja ... mohon bantuaannya , Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali besaran turunan jumlahnya tidak terbatas,
      kalau yang sering digunakan tergantung kita sedang mempelajari apa? misalnya kalau dalam ilmu mekanika (ilmu gerak) maka yg sering digunakan:kecepatan, percepatan, gaya, momentum, energi dan seterusnya. kalau kita sedang mempelajari sifat bahan maka yang sering digunakan adalah luas, volum, masa jenis

      Delete
  4. klo, setiap besaran turunan diperoleh dari besaran pokok

    ReplyDelete
  5. Makasih ya atas infonya sangat berguna untuk menyelesaikan tugas Ipa Saya.......

    ReplyDelete
  6. pada BEGO kan bacaan nya Juga cuman Contoh yaudah bikin WEB SENDIRI PEA

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus