Friday, June 1, 2012

Kaca Mata Untuk Rabun Jauh


http://bola.vivanews.com
Kaca mata untuk penderita rabun jauh  yang dapat menanggulangi kelainan mata tidak bisa melihat jelas untuk benda-benda jauh. Mata miopi atau rabun jauh adalah kelainan mata di mana kondisi penderita tidak bisa melihat jauh dengan jelas atau hanya bisa melihat dengan jelas untuk benda benda yang dekat saja. Mata miopi  disebut juga rabun jauh memiliki titik jauh yang terbatas berbeda dengan mata normal yang memiliki titik jauh tidak terhingga. Seperti yang sudah dibahas pada posting mata sebagai alat optik . Maka kaca mata juga termasuk alat optik yang paling sederhana.


Pada penderita mata rabun jauh benda yang berada sangat jauh akan menghasilkan bayangan yang jatuh tidak tepat di retina tapi berada di depan retina. Keadaan ini terjadi karena mata tidak bisa lebih pipih atau menipis seperti layaknya mata normal.

Agar mata rabun jauh bisa melihat benda pada jarak jauh dengan jelas harus ditolong dengan kaca negatif atau lensa cekung. Lensa negatif  akan membiaskan cahaya yang datang sejajar menjadi menyebar sebelum datang menuju bola mata. Sehingga sinar yang datang ke lensa kristalin seolah-olah berasal dari tempat yang dekat. Seprti layaknya mata normal, maka bayangan akan jatuh tepat di retina dengan sifat bayangan nyata, terbalik diperkecil.

Contoh soal

Seorang penderita rabun jauh  (mata miopi) memiliki titik jauh 100 cm , bila ia ingin melihat-benda-benda yang sangat jauh harus dibantu kaca mata. Maka berapa jarak fokos dan kuat lensa kaca mata yang digunakan?

Penyelesaian

Agar dapat melihat benda yang sangat jauh atau tidak berhingga penderita rabun jauh harus menggunakan lensa kaca mata  yang menghasilkan bayangan di depan  lensa.  Bayangan di depan lensa bertanda negatif  s’ = - titik jauh penderita  dan s = 100 cm untuk menghitung jarak fokus bisa menggunakan rumus lensa tipis maka

Jadi penderita harus memakai lensa kaca mata dengan jarak fokos -100 cm dan kuat lensa -1 dioptri

Sebagian orang ada yang tidak mau menggunakan kaca mata maka untuk lebih praktisnya mereka menggunakan lensa tipis berbahan elastis yang ditempel langsung pada kornea yang biasa disebut lensa kontak

Demikian posting kali ini dan bersambung ke  kaca mata untuk rabun dekat

7 comments:

  1. gak enak pakai kacamata itu ya sob, jadi harus bisa-bisa jaga mata biar tetep okey, :D

    wah, dekorasi barunya, asik banget nih sob, cool :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob kalau bisa nawar ya mending mata normal tidak usah pakai kaca mata

      Delete
  2. iya nih , nggak enak, nggak bebas ,. apalagi buat yang hobi olahraga kaya aku.. apalagi yang udah minus gede kaya aku dari umur 10 tahun.

    ReplyDelete
  3. mantep juga niy blog..bahas ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  4. Bagi yang matanya minus atau pun plus apakah dengan memakai lensa sudah efektif untuk menyembuhkannya ?

    ReplyDelete
  5. ternyata sulit juga yaa menentukan kaca mata,,mana yg plus mana yang min ..
    harus memiliki rumus- rumus tertentu ..?

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus