Monday, January 2, 2012

Macam-macam Bentuk Energi


bus dengan bahan bakar Nabati
Energi memiliki berbagai bentuk selain yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari yang biasa sudah jadi kebutuhan publik yaitu bahan bakar yang asalnya dari fosil baik itu BBM (bahan bakar Minyak ) atau Batu bara.  Sebelum ditemukannya bahwa materi bisa menjadi energi dalam Fisika modern bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan. Energi hanya bisa berubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk lain kali ini blogger akan membahas beberapa Bentuk energi alternatif selain fosil. atau macam macam bentuk energi

Macam-macam bentuk energi tersebut terbiasa kita gunakan atau kita pakai dam kehidupan sehari-hari baik dalam teknologi modern atau teknologi sederhana. Maksudnya dari bentuk energi tersebut bisa juga kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Inilah  sepuluh Bentuk energi alternatif selain fosil :
  1. Energi Kinetik, adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang bergerak seperti sepeda, mobil motor energi ini bisa digunakan untuk menggerakkan turbin yang memutar generator sehingga disimpan dalam sel akumulator.
  2. Energi listrik, bentuk energi ini adalah bentuk dari energi yang paling praktis digunakan karena mudah dalam transfer atau perpindahan. Hampir semua sisi kehidupan membutuhkan energi listrik. Teknologi elektronik, Komputer alat rumah tangga, telekomunikasi semua membutuhkan listrik.   Sekarang untuk keperluan memasak pun sudah mulai beralih dari energi fosil, dan gas alam ke energi listrik.  
  3. Energi potensial, adalah energi yang tersimpan karena posisi sebuah benda atau energi yang dimiliki karena kedudukan sebuah benda contoh misalnya air yang tersimpan di sebuah bendungan memiliki energi potensial yang sangat besar sehingga bisa dimanfaatkan untuk memutar turbin yang akan menggerakkan generator untuk transfer energi dari potensial ke bentuk energi Listrik. Contoh lain energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh sebuah pegas yang ditarik atau diregangkan, contoh lain adalah energi potensial yang dimiliki oleh busur panah yang sedang ditarik bisa meluncurkan mata panah yang sangat cepat.
  4. Energi cahaya, Matahari sebagai sumber energi dengan panas yang dipancarkan secara radiasi sampai ke bumi adalah sumber energi untuk kehidupan yang dipakai oleh tanaman berchlororofil untuk mengubah zat hara tanah menjadi sumber makanan. Pada akhirnya menjadi sumber makanan pula buat hewan dan Manusia. Dengan teknologi cahaya sebagai bentuk energi sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk diubah menjadi energi listrik, dengan alat yang dinamakan solar cel.
  5. Energi angin, angin sebagai sumber energi di manfaatkan untuk memutar turbin,  turbin yang ditempatkan di daerah-daerah yang hembusan angin  stabil. Negara yang banyak memanfaatkan energi angin untuk diubah menjadi energi listrik adalah Belanda.
  6. Energi Gelombang, energi ini dimanfaatkan di dunia pariwisata untuk berselancar tetapi harus dipilih karakteristik gelombang besar yang tidak mudah pecah misalnya Hawai, Tasmania, Bali, Nias serta Batu Karas. Sekarang Energi gelombang laut digunakan untuk memutar turbin dalam sebuah pembangkit listrik.
  7. Energi Nuklir, adalah salah satu energi alternatif penghasil panas dalam sebuah reaktor yang menghasilkan tenaga listrik jutaan Volt. Kebutuhan akan energi listrik yang sangat besar,  maka menuntut negara-negara Industri besar untuk menggunakan teknologi nuklir seperti Amerika, Jepang dan Prancis.
  8. Energi Nabati, energi yang berasal dari makhluk hidup atau tanaman ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu namun baru sekarang di buat dengan teknologi misalnya minyak jarak untuk pengganti solar, atau minyak sawit sebagai campuran solar. Sekarang minyak jelantah dari limbah rumah makan sudah bisa sebagai bahan bakar bus. Contoh bus Trans Pakuan di kota Bogor. Negara yang sudah banyak memanfaatkan bahan bakar nabati terbesar adalah Brazil.  Kabarnya 40 % kebutuhan energi Nasional dipenuhi oleh minyak nabati. Barazil sebagai penghasil kapas terbesar kedua setelah China memanfaatkan minyak biji kapas yang diambil minyaknya untuk bahan bakar.
  9. Gas methan dari kotoran dan sampah, gas ini berasal dari kotoran hewan yang difermentasi sehingga menghasilkan gas methan yang berfungsi sama dengan gas elpiji sebagai bahan bakar untuk memasak. Teknologi ini sudah biasa dipakai  serta dianjurkan karena ramah lingkungan di daerah peternakan sapi dengan kotoran sapi sebagai bahan baku utamanya.
  10. Tenaga panas bumi, tenaga panas bumi  yang berasal dari aktivitas vulkanologi sekarang dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, sangat bagus karena tanpa polusi atau ramah lingkungan. Negara yang banyak memanfatka teknologi ini adalah Newzealand dan Indonesia juga sebagai negara dengan gunung berapi yang banyak sekarang sudah memanfaatkan energi ini misalnya di Gunung Salak, Kamojang Kab Bandung, Gn Darajat kabupaten Garut
  11. Silahan anda tambahkan sendiri di kolom komentar
Demikian posting kali ini yang membahas  macam-macam bentuk energi  Selain energi fosil dan gas, dengan kebutuhan energi yang semakin meningkat semakin dibutuhkan inovasi baru karena energi fosil yang jumlahnya terbatas serta tidak bisa diperbaharui.

sumber gambar :www.antarafoto.com

9 comments:

  1. @siswanto, selamat siang kembali apa kabar blogger

    ReplyDelete
  2. lengkap sekali om, pasti sekarang sedang sibuk ngajar nih ;)

    ReplyDelete
  3. @Stupid monkey ngajar belum terlalu sibuk tapi mempersiapkan administrasi guru yg lg sibuk

    ReplyDelete
  4. wokwowkwowkwowkwowkwowkw makasih banget sayang artikelnya :)

    ReplyDelete
  5. Even the NFL has found a way to help in the fight against breast cancer by partnering with the American Cancer Society. They call their campaign the Crucial Catch, and wait to you see those big football players on the field in their pink sunglass hut this month! The NFLshop.com offers a full line of pink shirts, hats, cups, ribbons, key chains, and more of all your favorite teams. Whether you are cheering on the Bears, the Falcons, the Eagles, or whatever team you can come together for a single cause.Other products supporting breast cancer oakley standard issue are Lacoste’s Cancer Research Foundation sunglasses, Ralph Lauren’s custom Pink Pony label jacket, and even Oakley has a pink line of sunglasses. Get out there shop, and show people that you will join the fight against breast cancer.
    This year’s American Sportfishing Association’s International Convention of Allied Sportfishing Trades Oakley Minute Sunglass (ICAST ) annual event in Orlando, Florida at the Orange County Conventions Center (OCCC) brought together twelve (12) best known sunglass eyewear companies under one roof. Each of these companies and their associated brands were well positioned to give the ICAST attendees a lot to think about when selecting oakley half jacket sunglasses new and exciting sunglasses for next year’s outdoor recreation and fishing season. According to the “The Sunglass Market Report”, the $25 - $75 (24%), $75 - $125 (54%), and $125 - $200+ (22%) price points ranges make up the sunglass market distribution. There has been no significant movement in standard issue oakley market share between 2010 and 2011. All of the ICAST sunglass exhibitors were well positioned within each of these market share segments. Where Cocoons Eyewear and Fitovers specifically targeted the wearer of prescription eyeglasses, all the rest of the exhibitors offered a varied selection of sunglass frame styles as fake oakleys well as different lens configurations and coatings. Some of these companies offered the ability to have your eyeglass prescription put in to their frames.
    HEART: Heart shaped faces have high cheekbones, a narrow chin and a wide forehead. Pick shades with small or rimless frames to accent the eye Oakley Batwolf Sunglass area and soften the bottom of the face. Cat-eye shapes work too, but pick ones that angle upward to balance the face. Try Ralph Lauren’s Nautical Rope Sunglasses, $230, ralphlauren.com.SQUARE: A broad forehead, wide cheekbones and a wide jaw line characterize the square face. Rounded and oval shaped frames oakley holbrook sunglasses soften strong jaw lines. Try a bright pair from Dolce and Gabanna’s D&G line, model # 3028, price not listed, dolcegabbana.com.ROUND: Round faces have few or no angles and are of equal height and width. Pick shades with straight or angular lines to lengthen and thin the face.

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus