Tuesday, January 24, 2012

Pengertian Gas Ideal


partikel gas bergerak ke segala arah
Dalam pembahasan teori kinetik gas  dari awal dalam pembelajaran selalu disebut-sebut dengan adanya asumsi atau pengertian gas Ideal. Mengapa harus ada gas ideal ? dalam pelajaran fisika gas yang akan ditinjau adalah gas ideal. Tujuan adanya pengertian gas ideal adalah untuk memudahkan dalam mempelajari gas.


Gas ideal adalah gas yang memenuhi syarat atau asumsi-asumsi sebagai berikut
  1. Gas ideal terdiri dari partikel-partikel(atom-atom maupun molekul-molekul) dalam jumlah yang banyak sekali.
  2. Ukuran partikel gas sangat kecil dibanding dengan bejana sehingga dapat diabaikan
  3. Setiap partikel gas selalu bergerak dengan arah sembarang (acak)
  4. Partikel gas terdistribusi merata pada seluruh ruangan dalam bejana
  5. pada partikel gas berlaku hukum hukum Newton tentang gerak
  6. setiap tumbukan antar partikel dengan dinding terjadi tumbukan lenting sempurna.
tumbukan lenting sempurna
Seluruh asumsi asumsi diatas yang sudah di berikan oleh para ahli  fisika tentang gas ideal cukup banyak persyaratan yang harus dimiliki sebuah gas supaya masuk kedalam kriteria gas ideal. Bisakah kalian memberikan contoh?
tekanan akibat energi kinetik

Adakah ada yang dinamakan gas ideal? Sesungguhnya yang dinamakan gas ideal itu tidak ada. Apa pengertian Ideal? “Ideal” bisa juga di sebut “yang seharusnya sesuai dengan harapan”. Sama halnya dengan kamu yang mengharap pacar adalah cowok atau cewek ideal. Kamu boleh saja berharap dapat cewek atau cowok ideal tapi sampai kapan pun dan di manapun selamanya tidak akan ketemu. Paling bisa ya hanya yang mendekati ideal.

Maka untuk gas juga yang ideal seperti asumsi di atas itu tidak akan ada? Paling ada juga yang mendekati ideal tujuan membuat asumsi gas ideal adalah untuk memudahkan mempelajari gas. Misalnya dalam hal mempelajari Tekanan gas itu asalnya atau tekanan berhubungan dengan energi kinetik partikel gas. Yang menurut asumsi no 3 diatas disebutkan selalu bergerak secara acak kesegala arah.

Di asumsikan pula bahwa untuk gas yang memenuhi kriteria gas ideal harus berlaku hukum-hukum Newton tentang gerak baik itu hukum Newton pertama, Hukum Newton ke-2 juga hukum Newton ke-3 yang biasa disebut hukum aksi reaksi. Ini semata-mata untuk memudahkan kita para pembelajar fisika dalam mempelajari tentang gas.

Selain tekanan pada gas yang berhubungan dengan energi kinetik partikel adalah suhu atau temperatur. Di mana temperatur pada gas berbanding lurus atau sebanding dengan energi kinetik demikian posting kali ini melalui fisika sma smk semoga membantu dalam rangka pemahaman fisika terutama untuk Pokok bahasan Teori Kinetik gas dengan belajar fisika di dunia online. Karena yang utama bagi kalian siswa kelas 11 adalah belajar pada bapak atau ibu guru kalian dikelas masing-masing. Kurang dan lebihnya bisa didiskusikan di kolom komentar 
Sumber gambar:
http://www.quantumfreak.com
http://www.chem.uflu.edu
http://www.thermo.sdu.edu

3 comments:

  1. yang saya dapet dari postingan kali ini adalah "ideal" haha, sore om ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. "cepetan udah dapet cewek ideal nya"..hahaha, selamat sore kembali

      Delete
  2. yah kurang ideal ni pembahasannya..

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus