Monday, April 30, 2012

Ketelitian Pengukuran dan Ketepatan Pengukuran

Pengukuran adalah  membandingkan suatu benda dengan besaran lain yang sejenis yang dipergunakan sebagai satuan-nya, alat pembanding itulah yang dinamakan dengan  alat ukur. Pengukuran supaya memiliki  ketelitian pengukuran dan ketepatan pengukuran,  harus digunakan alat yang sudah diakui secara internasional juga sudah ditera ketepatan (akurasi) serta ketelitian (presisi). Misalnya bila kita akan mengukur panjang meja maka harus digunakan mistar jangan menggunakan jari tangan atau kalau kita akan mengukur suhu air harus menggunakan termometer tidak boleh dengan ujung jari yang hasilnya hanya panas dingin atau hangat.   


Fisika merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang gejala alam melalui pengamatan atau observasi dan memperoleh kebenaran secara empiris melalui panca indera  karena itu pengukuran merupakan bagian yang sangat penting dalam proses membangun konsep-konsep fisika. Pengukuran dilakukan langsung untuk mengetahui kuantitas besaran-besaran fisika seperti yang sudah dibahas dalam besaran dan pengukuran

 

Mengapa pengukuran memerlukan alat?

Pengukuran adalah suatu kegiatan sederhana dan penting dalam kehidupan kita, bukan hanya dalam pelajaran fisika tapi dalam kehidupan sehari-hari diperlukan pengukuran misalnya pedagang sayur ketika akan menjual bawang harus menimbang bawang yang akan dijualnya atau pedagang kain harus mengukur kain yang akan dijualnya.

Demi ketelitian (presisi) dan ketepatan (akurasi) maka diperlukan alat ukur yang sudah diakui secara internasional karena kalau pengukuran dengan menggunakan anggota tubuh misalnya jari seperti contoh di atas tentu tidak akurat dan berubah-ubah. 

Presisi adalah derajat kepastian hasil suatu pengukuran sedangkan akurasi menunjukan seberapa tepat hasil pengukuran mendekati nilai yang sebenarnya. Presisi bergantung pada alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran. Umumnya semakin kecil pembagian skala suatu alat semakin teliti(pesisi) hasil pengukuran alat tersebut.

Mistar memiliki skala terkecil 1 mm, sedangkan jangka sorong memiliki skala terkecil 0,1mm atau ada juga yang sampai 0,05 mm, maka pengukuran menggunakan jangka sorong akan memberikan hasil yang lebih presisi dibanding menggunakan mistar. Ke-akurasi-an pengukuran harus di cek dengan cara membandingkan terhadap nilai standar yang ditetapkan. Ke-akurasi-an alat ukur juga harus dicek secara periodik dengan metode the two-point calibration. Pertama apakah alat ukur memberikan pembacaan ukuran yang benar ketika digunakan untuk mengukur sesuatu yang standar?
Demikian posting kali ini bila ada kurang atau lebih, atau pembaca mau menambahkan silakan tuliskan di kolom komentar.

18 comments:

  1. udh saya follow,
    tolong follow back ya
    http://denbo-1.blogspot.com
    ditunggu follow back nya

    ReplyDelete
  2. gak mudeng pak guru, saya ni hanya blogger keuangan tetapi latah ni

    ReplyDelete
  3. Mengukur memang harus dibutuhkan ketelitian .

    ReplyDelete
  4. megang sighmat ingat waktu sekolah kejuruan :)

    ReplyDelete
  5. ketelitiannya sangat bagus sekali gan beneran

    ReplyDelete
  6. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak admin website yang saya baca ini,karena di dalam website ini saya banyak mengetahui informasi informasi yang saya tidak ketahui sebelum nya

    ReplyDelete
  7. Nah ini dia website yang selama ini saya tunggu tunggu,akhirnya saya temukan juga website yang sangat mengandung banyak manfaat di website anda ini

    ReplyDelete
  8. فوائد الخل في التنظيف :- ازالة الترسبات من الأواني كإبريق الشاي أو غلاية القهوة أو غيرهما؛ يملأ الوعاء المراد تنظيفه حتى النصف تماماً بالماء والباقي من الخل، ثم يوضع على النار حتى يصل إلى درجة الغليان ويترك ليغلي عدة دقائق، ثم يرفع عن النار ويسكب ما فيه، ويغسل بالماء البارد فقط عدة مرات. التلميع: هي عملية إضفاء البريق واللمعان على الأسطح كالمرايا والزجاج والفضيات؛ وذلك بمسحها بقطعة قطنية مبللة بالخل الأبيض ثم تجفيف الأسطح بقطعة قطنية أخرى. تنظيف المايكرويف مع الخل الأبيض: أصبحت عملية تنظيف المايكرويف وإزالة البقع المتراكمة عليه من الطعام بسبب عمليات التسخين المتكررة أمراً في غاية السهولة، وذلك بوضع طبق فيه فنجان قهوة من الماء ومثله من الخل الأبيض ووضعه داخل المايكرويف حتى يغلي المزيج، يطفأ المايكرويف ويترك دون فتحه مدة ساعتين، بعدها يفتح ويزال الطبق، وبواسطة قطعة قطنية يمسح من الداخل والنتيجة سوف تبهرك. , شركة تنظيف شقق بجدة , شركة تنظيف شقق بالاحساء , شركة تنظيف شقق بالدمام , شركة تنظيف شقق بالقطيف , شركة تنظيف منازل بالاحساء , شركة تنظيف منازل بحائل الحفاظ علي المنزل > شركة تسليك مجارى بجدة
    شركة كشف تسربات المياه بالرياض



    ReplyDelete
  9. فشركتنا من افضل الشركات التي تقوم بهذه الخدمه علي اكمل وجه و تقديم ضمانات للعميل لضمان عدم حدوث تسريب في المياه مره اخري واذا حدث نقوم بتصليحها مجاناً او حسب طبيعه المشكله ، من الان لا لارتفاع فواتير المياه الناجمه عن تسربات المياه و لا انشقاق الدهانات و الاسقف و لا لحدوت تصدعات ارضيه بالمنزل . طريقه معالجة كشف تسربات المياه في شركتنا :- يتم الاتصال بشركتنا لطلب خدمة كشف تسربات المياه و الصيانه . يتم ارسال فريق عمل شركة الاهليه المكون من مهندسيين و خبراء متخصصيين في كشف تسربات المياه و لديهم خبره رائعه و لا يقف امامهم مصاعب او عوائق , يتم الكشف عن مكان تسربات المياه و تحديد الخلل و السبب . ثم نقوم بالبدء في الاصلاحات و معالجه الامر بأقصي سرعه باستخدام احدث الاجهزه الالكترونيه و المعدات الجاهزه و الاجهزه الصوتيه و الحراريه التي تساعدنا علي الكشف بسرعه و معرفه اسباب التسريب و معالجته بأقصي سرعه . ثم نقوم باختبار ما تم تصليحه للتأكد من عملنا ، و تقديم الضمانات الكامله لضمان عدم حدوث تسرب مره اخري . نقوم ايضاً بمعالجه تسريات الخزانات و المسابح . و القيام بعزل الاسطح لان ارتفاع درجه الحراره قد تكون سبب من اسباب حدوث التسريب و تقوم بشق المواسير مما يسبب تسريب المياه من المواسير . نقوم بمعالجه مشكله تسريب المياه بدون كسر او خدش او تلف جمال حواء شركة تسليك مجارى بالرياض شركة كشف تسربات المياه بجدة شركة كشف تسربات المياه بالاحساء شركة تسليك مجارى بالاحساء شركة كشف تسربات المياه بالقطيف شركة تسليك مجارى بالقطيف شركة كشف تسربات المياه بالطائف شركة تسليك مجارى بالطائف


    ReplyDelete
  10. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus