Wednesday, January 25, 2012

Aplikasi Keseimbangan dalam Teknologi


jembatan gantung di Kebun Raya Bogor
Prinsip keseimbangan benda tegar dapat diterapkan dalam teknologi yang sudah banyak kita ketahui bahwa syarat sebuah benda dalam keseimbangan adalah jumlah gaya sama dengan nol dan juga jumlah torsi sama dengan nol seperti yang sudah dibahas pada sistem dalam keseimbangan. Kali ini kita bahas Aplikasi keseimbangan dalam Teknologi


Aplikasi keseimbangan dalam teknologi dapat kalian amati pada pembuatan jembatan gantung. Sebelum membuat jembatan gantung para ilmuwan dan insinyur melakukan perhitungan dengan sangat teliti. Mereka meneliti berapa gaya yang harus di miliki menara penyangga jembatan gantung agar cukup kuat mengimbangi berat jembatan maupun beban lalulintas di atasnya sehingga gaya total sama dengan nol. Dalam keadaan demikian, jembatan gantung tetap dalam keseimbangan yang merupakan aplikasi keseimbangan dalam teknologi

Dalam kenyataan di alam untuk kekuatan jembatan tidak sesederhana itu dengan hanya memperhitungkan gaya berat badan jembatan serta beban kendaraan saja karena jembatan yang ada di sungai dipengaruhi juga dengan kekuatan-kekuatan alam misalnya angin serta arus air yang ada di bawahnya. Sehingga jangan sampai jembatan yang sudah dibangun malah roboh karena tiupan angin dari samping yang terjadi pada Tacoma bridge yang sudah dibahas pada blog saya yang .lain Atau jembatan Kukar di Kalimantan yang roboh bukan faktor fisika atau gaya luar yang jelas karena ada prinsip keseimbangan yang diabaikan.

Selain pada jembatan aplikasi keseimbangan dalam teknologi dapat juga diterapkan dalam disain dan pembuatan mobil balap. Suatu benda akan lebih stabil bila titik beratnya lebih rendah dari titik alas atau tumpuannya lebih lebar. Hal ini yang mengakibatkan badan mobil balap dibuat rendah serta lebar. Dengan bentuk seperti ini diharapkan sebuah mobil balap lebih sulit terguling sewaktu menempuh lintasan tikungan dengan kecepatan tinggi. Selain pada mobil balap bentuk seperti ini diterapkan pula pada mobil-mobil dengan akselerasi tinggi seperti sedan karena walau bobotnya kecil dengan kecepatan tinggi akan memiliki energi kinetik yang besar. Coba bandingkan dengan bentuk mobil lain seperti truk, bus, atau kendaraan besar lain yang dirancang dengan tingkat kecepatan yang akselerasinya rendah.

Demikian posting kali ini sebagai pelengkap bagi kalian dalam belajar fisika  untuk keseimbangan selain di kelas juga di dunia online. Kurang dan lebihnya silakan tulis di kolom komentar.
sumber gambar
gambar pertama koleksi aseps21
gambar ke-2 :http://www.kamiunes.worpres.com

gambar ke-3 :http:/koneksidewainside.crazy4us.com/

8 comments:

  1. cocok, untuk mendapatkan keseimbangan, dibutuhkan perhitungan yang matang ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali itu, tidak sembarang membangun maka dibutuhkan para profesional yg mengerjakannya

      Delete
  2. kinematika dan dinamika.

    aq dapet C

    waduh..

    ReplyDelete
  3. What makes FitFlop footwear so unique is that they have the gym built-in given that they are biomechanically engineered to help tone and tighten your leg muscles — and what’s more, they are easy on your body helping to absorb shock and reduce joint strain.FitFlops feature an exclusive Microwobbleboard fitflops sale midsole technology that boasts the following benefits:? Increases muscle activity targeting your gluteal, hamstring and calf muscles? Works out your hamstrings? Absorbs shock, reducing knee, ankle & joint stress? Improves and tones your lower legs and thighs? Improves your posture and reduces back stress & foot pressure One stellar style that’s sure where can i buy fitflops to be a spring must-have and a staple in your wardrobe is the “Walkstar 3” sandal. Aside from its unique microwobbleboard technology, the "Walkstar 3" features dynamic topstitching on a sporty, microfiber-lined leather upper. This sleek, stylish and ultra-comfortable sandal retails for $59.99 and comes in a variety of colors and materials fitflops clogs (10 colors to choose from), with 2 new colors emerging this season — tan and fuchsia patent.
    Depaola, known on the Bravo reality show as “Kim D,” is hosting Giudice’s book signing at her New Jersey clothing store called Posche Boutique on Aug. 14 from 6:30 to 8:30 pm.BWN notes Giudice’s book fitflop positano was actually released several months ago in May.Megan Huntsman, the Utah mother who was arrested after seven bodies of newborn babies were found stuffed into cardboard boxes inside a garage, has confessed to killing all but one of those babies. Seven dead babies were discovered in the garage of her family home, fitflop usa a home she lived in up until a few years ago. Huntsman gave birth to those babies over a 10 year period from 1996 and 2006, according to Fox News on April 14.She told police that she gave birth to the babies and she strangled or suffocated all but one of the fitflop reviews newborns immediately after they were born. The seven babies were put into cardboard boxes after either being wrapped in a towel or shirt and then put in a plastic bag. It was Huntsman’s ex-husband who was cleaning the garage when he opened a cardboard box and the stench was horrendous. Upon carefully fitflop shoes looking through the contents he discovered a baby’s body.
    No wedding date has yet been announced for Wagner and Locklear.The Bold and the Beautiful airs at 12:30 p.m. weekdays on Riverside affiliate CBS channel 2.Lord & Taylor is hosting their Friends

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus