Wednesday, March 28, 2012

Melukis Bayangan Cermin Cekung


Melukiskan pembentukan bayangan pada cermin cekung diperlukan minimal dua sinar istimewa. Dengan menarik garis dari ujung benda sebagai sinar datang menuju cermin, perpotongan dua sinar pantul adalah sebagai letak bayangan. Bayangan nyata (rill), terjadi bila bayangan terbentuk oleh perpotongan sinar pantul  sedangkan untuk bayangan maya(virtuil) bila bayangan yang terbentuk terjadi pada perpotongan dari perpanjangan sinar pantul.
Sebagai kelanjutan pembahasan sifat-sifat cermin terhadap gelombang cahaya dan pemantulan cahaya pada cermin cekung  blogger publikasikan post kali ini dengan judul melukis bayangan pada cermin cekung.

Contoh cara melukis bayangan pada cermin cekung

Soal

Dari gambar di bawah ini lukiskan pembentukan bayangan untuk sebuah benda berbentuk tanda panah yang berada di belakang pusat kelengkungan (R)
benda di depan cermin cekung


langkah pertama gunakan sinar yang datang sejajar sejajar sumbu utama sebagai satu dari tiga sinar istimewa .  Tarik garis lurus  sejajar sumbu utama(warna merah) dari ujung benda menuju ke cermin garis pantul nya melalui titik fokus (f) jangan lupa tanda panah yang memperlihatkan arah sinar
jalan sinar istimewa pertama
 
 
Langkah kedua, menggunakan sinar istimewa kedua, tarik garis luru dari unjung benda melalui fokus dan pantulan sinar nya sejajar sumbu utama.   

jalan sinar istimewa ke-2

Titik potong kedua garis pantul adalah letak bayangan yang digambarkan dengan garis hijau patah-patah
titik potong sinar pantul sebagai letak bayangan
 
Dari gambar di atas sifat bayangan, terbalik, diperkecil, nyata.

Demikian bagi adik adik siswa kelas 8 dan kelas 10 silakan selamat mencoba jangan lupa gunakan penggaris dan bila ada kritik serta saran tulis di kolom komentar.

9 comments:

  1. keren sekali lukisannya yah dan kreatif banget

    ReplyDelete

Bagi adik-adik atau teman-teman pembaca blog ini yang mau kritik atau saran untuk perbaikan blog ini silakan tulis di kotak komentar.
Mohon maaf komentar yang mengandung spam secara otomatis oleh sistem blogger masuk kotak spam atau dihapus